Senin, 05 Desember 2011

3 Hari Libur ? Go To Pangandaran untuk Mengamati Kekurangan dan Kelebihan Pantai Pangandaran \(ˆ▽ˆ)/ \(´▽`)/

Sehubungan karena ada permohonan dari Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya  perihal permohonan rekomendasi ijin penggunaan ruangan sekolah untuk Ujian Akhir Semester bagi Mahasiswa Universitas Terbuka, maka  pada hari sabtu tepatnya tanggal 3 Desember sampai dengan hari Senin 5 Desember SMP N 2 Kota Tasikmalaya diliburkan. Pada kesempatan ini saya Berlibur ke Pangandaran. Inilah Cerita / Pengamatan saya tentang KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PANTAI PANGANDARAN.  Enjoy Reading  

Pangandaran sebetulnya punya banyak obyek wisata yang amat mengagumkan dan sulit dicari tandingannya di Indonesia maupun di Negara-negara tropis lainnya di dunia, karena Pangandaran menawarkan pilihan beragam obyek wisata istimewa yang jaraknya saling berdekatan.

Sebut saja, Pantai Barat (Pananjung) dengan ombak yang bersahabat untuk bermain air, Pasir Putih dengan ikan-ikan dan karang elok untuk snorkeling, Hutan Lindung dengan flora & fauna yang menarik, Pantai Timur untuk menyaksikan matahari terbit, Pantai Batu Hiu yang mendebarkan, Pantai Batu Karas yang disukai wisatawan mancanegara, Green Canyon, Citumang, Pantai Karang Nini, dan lokasi-lokasi lainnya yang bisa didapat informasinya diberbagai website.


  WELCOME  TO PANGANDARAN B-)

Pantai Indah Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Ciamis yang terletak sebelah timur jawa barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Selain dengan keindahan pantainya, paantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya. Berikut Kelebihan yang anda akan dapatkan apabila mengunjungi Paintai ini :

  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.

Tapi dengan segala kelebihan istimewa tersebut, Pangandaran sepertinya akan sulit jadi tujuan wisata kelas dunia. Kenapa? Coba kita urutkan sebahagian kecil saja Kekurangan Pantai Pangandaran :

AKSESIBILITAS. Jalan menuju Pangandaran dari berbagai kota di pulau Jawa dan jalan-jalan menuju berbagai obyek wisata hampir seluruhnya kondisinya jelek, rusak dan sangat tidak nyaman. Apakah karena pihak Pemda tidak memprioritaskan fasilitas infrastruktur untuk menunjang Pangandaran sebagai tujuan wisata?

KEBERSIHAN. Pantai Barat (Pananjung) yang merupakan primadona wisata pantai di Pangandaran kondisinya amat jorok, kotor, penuh sampah dan bau. Pantai Timur juga tak kalah kotornya, sehingga kenikmatan menunggu matahari terbit menjadi sangat terganggu. Kekotoran ini sepertinya sudah menjadi ‘icon’ bagi Pangandaran karena di obyek wisatanya, hampir semuanya kondisinya kotor dan menjijikan. Fasilitas bilas dan ganti pakaian juga sangat jorok dan tidak terawat.



PENYALAHGUNAAN TEMPAT SAMPAH YANG TIDAK DIMANFAATKAN 
MALAH DISIMPAN TERBALIK

SEMERAWUT. Kumpulan warung-warung makanan, hewan-hewan yang berkeliaran seperti monyet dan uncal yang tidak dipelihara di habitatnya mending dengan monyet yang dipelihara di CAGAR ALAM PANGANDARAN, tetapi selalu saja datang ke laut pangandaran, menurut saya tidak diperhatiakn dan tempat persewaan ban dan surf-board sepanjang Pantai Barat (Pananjung) yang tidak ditata dengan baik membuat pemandangan kearah pantai terhalang (serta memproduksi timbunan sampah yang bau busuk). Warung-warung penjual Kaus, T-hsirt dan oleh-oleh juga berserakan tidak tertata dengan baik.


 HEWAN - HEWAN YANG DIBEBASKAN, SEHARUSNYA DI SIMPAN DI HABITATNYA / DI CAGAR ALAM YANG ADA DI PANGANDARAN ! 

BERBAHAYA. Terlalu banyak perahu mondar mandir di Pantai Barat (Pananjung) yang amat mengganggu kenikmatan bermain air, bahkan membahayakan. Kenapa perahu-perahu ini tidak dialokasikan terpisah dari tempat para wisatawan bermain. Bahkan pada saat Snorkling di Pasir Putih juga, perahu-perahu hilir mudik dan sangat membahayakan para perenang.

Semua masalah di atas (termasuk kekotoran, kesemerawutan dan ketidak nyamanan), terdapat hampir disemua obyek wisata di Pangandaran, termasuk di: Pantai Barat (Pananjung), Pasir Putih, Hutan Lindung, Pantai Timur, Pantai Batu Hiu, Pantai Batu Karas, Green Canyon, Citumang, Pantai Karang Nini, dan lokasi-lokasi lainnya).

Sebetulnya banyak kelebihan potensi yang dimiliki oleh Pangandaran, tapi terlalu banyak juga kekurangan (yang sebetulnya bisa dikelola oleh pihak yang berwenang seperti Pemda (termasuk meng-‘educate’ penduduk sekitar serta para pedagang, tukang perahu dan para pihak yang terkait) untuk menjadikan Pangandaran menjadi lebih baik dan nyaman bagi wisatawan.

SALAH SATU PERATURAN YANG SAYA DAPATKAN DI PANTAI BARAT PANGANDARAN :


PANORAMA-PANORAMA YANG SAYA DOKUMENKAN DI PANGANDARAN :

 

 
 















PERATURAN YANG ADA DI PANTAI PANGANDARAN, DIKARENAKAN PANTAI PANGANDARAN DAN CAGAR ALAM BERDEKATAN, SELALU SAJA ADA YANG MELANGGAR MASUK, SEHARUSNYA MASUK KE PINTU MASUK CAGAR ALAM YANG DIPERBOLEHKAN, GAMBAR YANG DIPERBOLEHKAN SEHARUSNYA MASUK MELALUI PINTU MASUK (GAMBAR DI BAWAH) 



Seperti diketahui Pangandaran selalu terlihat kotor saat liburan, hal ini banyak faktor yang mempengaruhi, ada kesadaran masyarakat yang sangat kurang akan pentingnya kebersihan, wisatawan lokal juga sangat berperan aktif dalam mengotori Pangandaran akibat minimnya kesadaran. Faktor lain yang menambah semrawutnya Pangandaran adalah minimnya infrastruktur yang disediakan pemerintah, tong sampah saja masih sangat jarang ditemui di Pangandaran sehingga wisatawan maupun warga kesulitan untuk membuang sampah, malah terkadang sampah menumpuk hingga menggunung karena seminggu tidak terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir.

Banyaknya keluhan kotornya Pangandaran juga terus mengalir melalui pesan yang saya lihat di myPangandaran maupun dikomentar-komentar yang diberikan di rubrik berita. Harus ada solusi terpadu dari pemerintah yang bisa menjembatani warga agar tetap mendapat penghasilan dari sektor pariwisata dengan tetap menjaga kebersihan pantai. Andai saja kondisi ini tidak berubah beberapa tahun kedepan sudah dipastikan Pangandaran semakin semrawut dan ditinggalkan wisatawan. Mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran kita akan kebersihan Pangandaran, setidaknya ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk menuju Pangandaran Bersih dari Sampah.

Dengan tujuan kita Menjaga dan Memelihara kebersihan di sekitar pantai, kita pun akan merasakan akibat positifnya. Siapa yang tak pernah melihat kata-kata ” DILARANG MEMBUANG SAMPAI DI SINI (PANTAI), kata kata itu tak ayal, di PANTAI, tetapi masih saja diabaikan dan dilanggar. Mulai sekarang, BUANG LAH SAMPAH PADA TEMPATNYA . Sekian info dari Saya semoga bermanfaat dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari :) 

KETERANGAN : Semua Foto BUKAN Hasil COPY PASTE

3 komentar:

  1. ARTIKEL ORISINAL ADA DISINI:


    http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pangandaran#KENAPA_PANGANDARAN_.E2.80.9CSULIT.E2.80.9D_JADI_TUJUAN_WISATA_KELAS_DUNIA.3F.3F


    http://www.tripadvisor.com/ShowTopic-g1137814-i23352-k4730950-Why_PANGANDARAN_is_NOT_a_world_class_tourist_destination-Pangandaran_West_Java_Java.html

    BalasHapus